Rabu, 14 April 2010

Pekarangan Rumah untuk melestarikan lingkungan hidup


Manfaatkanlah pekarangan rumah untuk mengelola dan melestarikan lingkungan, bagaimana caranya….?
 1. KELOLA SENDIRI SAMPAH RUMAH

Pisahkan sampah organic (sisa makanan,sayuran,daun-daunan,dll) dan Anorganik (plastic,kertas,kaleng,kaca,dll). Sampah Anorganik dapat diberikan/dijual pada pemulung, sedangkan sampah organic dapat dibuat Kompos. Wadah membuat kompos bisa dengan menggali lubang di halaman, atau pada rumah yang berpekarangan kecil dapat menggunakan keranjang/gentong.

2. BUAT SUMUR RESAPAN
Sumur resapan bertujuan untuk meningkatkan resapan air hujan dari atap rumah ke dalam tanah pada areal terbuka, lapangan, tempat parker dan pekarangan. Hal ini akan sangat membantu untuk mengembalikan persediaan air tanah, mengurangi jumlah air hujan yang mengalir ke parit/sungai dan mengurangi terjadinya banjir. Dengan menyediakan sumur resapan berarti telah menyediakan air cadangan untuk keperluan pada musim kemarau dan mencaegah sumur kita dari kekeringan.

3. BUAT LUBANG RESAPAN BIOPORI / LRB

LBR merupakan lubang yg dibuat secara tegak lurus (vertical) ked lm tanah, dengan diameter 10-30 cm dan kedalaman 100 cm atau tidak melebihi muka air tanah dangkal. Lubang diisi sampah organic sebagai sumber makanan fauna tanah dan akar tanaman yang mampu membuat biopori atau liang-liang didalam tanah sehingga luas bidang permukaan akan bertambah.
LRB bermanfaat untuk meresapkan air hujan ke dalam tanah, menjaga ketersediaan air tanah dan bisa dimanfaatkan untuk membuat kompos.

4. HIJAUKAN PEKARANGAN RUMAH
Manfaatkan setiap jengkal tanah di halaman rumah dengan berbagai tanaman, karena keberadaan tanaman selain sangat penting dan berfungsi sebagai penghasil oksigen, menyerap CO2, penyimpan air, peneduh dari panas matahari, penghalang angina,juga dapat menghasilkan buah/bunga untuk memenuhi pangan dan menambah ekonomi keluarga. Maka mulailah menanam pekarangan rumah dengan :
-          POHON PELINDUNG
Pohon pelindung terdiri atas tanaman keras/kayu seperti Manglit,Trembesi,Puspa,dll) dan tanaman buah seperti Mangga,Rambutan, Jeruk, Sukun dll.
 





-          TANAMAN OBAT
Jenis tanaman obat ini terdiri dari Jahe,Kencur,Kumis kucing,Brotowali,Sambiloto,Kunyit,Sirih dll.

-          SAYURAN DAN BUMBU DAPUR
Jenis sayuran yg dapat di tanam di pekarangan rumah seperti selada,Kacangpanjang,caysin,Buncis,wortel,Ketimun,cabe,Tomat,Seledri dll.

-          TANAMAN HIAS
Tanaman hias memiliki fungsi ganda,yaitu menutupi permukaan tanah dan menjaga kesuburan tanah serta meningkatkan kenyamanan hidup serta menciptakan lingkungan yang asri,segar,memberikan pengaruh positif pada pikiran karena bentuknya yang indah dan aromanya yang harum.n Tanaman hias contonya seperti Anggrek,Mawar, Melati, Adenium dll.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar